PENGERTIAN TATA
RUANG KANTOR
istilah tata ruang kantor berasal dari bahasa inggris,
yaitu Office Layout atau sering disebut juga Layout
saja. Tata ruang kantor adalah pengaturan perabotan, mesin, dan sebaginya
didalam ruangan yang tersedia. Ada beberapa ahli yang mendefinisikan tata ruang
kantor diantaranya, sebagai berikut :
- Menurut George Terry yang disadur pula oleh The Liang Gie menyatakan “Tata ruang kantor adalah penentuan mengenai kebutuhan-kebutuhan dalam penggunaan ruang secara terperinci dari ruang ini untuk menyiapkan suatu susunan yang praktis dari faktor-faktor fisik yang dianggap perlu bagi pelaksanaan kerja perkantoran dengan biaya yang layak” (1988:200).
- Menurut Littlefield dan Peterson menyatakan “Tata ruang kantor dapat dirumuskan sebagai penyusunan perabotan dan alt perlengkapan pada luas lantai yang tersedia” (1956:117).
ARTI LINGKUNGAN KANTOR
Pengertian Lingkungan Kantor Organisasi adalah satu jenis wadah perlengkapan di masyarakat yang dibikin oleh orang-orang dengan tujuan dapat memperoleh efesiensi kerja tertentu yang sebesar-besarnya.
Lingkungan Kantor adalah segala sesuatu yang ada di sekitar para pekerja yang dapat mempengaruhi dirinya didalam melaksanakan tugas-tugasnya dan menjadi pusat kegiatan administrasi dan tempat pengendalian kegiatan informasi.
Berarti segala macam urursan di dalam organisasi harus melewati kegiatan kantor dan keluar masuknya informasi menyangkut organisasi juga harus melalui kantor.
Organisasi itu sendiri dibentuk oleh orang-orang dengan tujuan tertentu yang dapat dipetik hasilnya secara bersama-sama, berarti cukup ditangani secara sendiri perorangan, maka orang-orang tidak akan membuat wadah yang disebut organisasi.
Pengertian Lingkungan Kantor Organisasi adalah satu jenis wadah perlengkapan di masyarakat yang dibikin oleh orang-orang dengan tujuan dapat memperoleh efesiensi kerja tertentu yang sebesar-besarnya.
Lingkungan Kantor adalah segala sesuatu yang ada di sekitar para pekerja yang dapat mempengaruhi dirinya didalam melaksanakan tugas-tugasnya dan menjadi pusat kegiatan administrasi dan tempat pengendalian kegiatan informasi.
Berarti segala macam urursan di dalam organisasi harus melewati kegiatan kantor dan keluar masuknya informasi menyangkut organisasi juga harus melalui kantor.
Organisasi itu sendiri dibentuk oleh orang-orang dengan tujuan tertentu yang dapat dipetik hasilnya secara bersama-sama, berarti cukup ditangani secara sendiri perorangan, maka orang-orang tidak akan membuat wadah yang disebut organisasi.
PENGERTIAN ERGONOMI
Ergonomi yaitu ilmu ayang memmpelajari perilaku
manusia dalam kaitannya dengan pekerjaan mereka. Ergonomi berasal dari kata
Yunani ergon yang artinya kerja dan nomos yang berarti aturan,
secara keseluruhan ergonomi berarti aturan yang berkaitan dengan kerja, sasaran
penelitian ergonomi adalah manusia pada saat bekerja dalam lingkungannya.
Secara singkat dapat dikatakan bahwa ergonomi ialah penyesuaian tugas pekerjaan
dengan kondisi tubuh manusia dengan tujuan untuk menurunkan stress yang akan
dihadapi, yaitu dengan cara menyesuaikan ukuran tempat kerja dengan dimensi
tubuh agar tidak melelahkan, pengaturan suhu, cahaya dan kelembaban betujuan
agar sesuai dengankebutuhan tubuh manusia. Berdasarkan pengertian tersebut
dapat di simpulakan bahwa pusat dari ergonomi adalah manusia Ada fasilitas yang
ditujukan untuk dipakai bersama-sama (biasanya printer atau fax), dan ada juga
fasilitas yang ditujukan untuk dipakai secara individual (biasanya ya komputer
atau parkir gratis).
FASILITAS KANTOR
1 1. Mesin ketik
Adalah mesin yang pertama yang digunakan untuk
mencetak kata
2. Mesin hitung atau Kalkulator
Adalah
alat untuk menghitung dari perhitungan sederhana seperti penjumlahan,
pengurangan, perkalian dan pembagian sampai kepada kalkulator sains yang dapat
menghitung rumus matematika tertentu. Pada perkembangannya sekarang ini,
kalkulator sering dimasukkan sebagai fungsi tambahan daripada komputer,
handphone,
bahkan sampai jam tangan.
3 3. Mesin pengganda
dokumen
adalah mesin-mesin yang digunakan untuk memperbanyak atau menggandakan
dokumen secara efektif dan efisien.
4. Faksimile
atau biasa dikenal
dengan faks, berasal dari kata 'fac simile' (make similar) dalam bahasa latin, yang artinya membuat
salinan yang sama dengan aslinya
5.
5. Printer
Printer adalah salah satu hardware (perangkat keras)
yang terhubung kekomputer dan mempunyai fungsi untuk mencetak tulisan, gambar
dan tampilanlainnya dari komputer ke media kertas atau sejenis. Istilah yang
dikenal padaresolusi printer disebut dpi (dot per inch). Maksudnya adalah
banyaknya jumlah titikdalam luas area 1 inci. Semakin tinggi resolusinya maka
akan semakin baguscetakan yang dihasilkan. Sebaliknya, jika resolusinya rendah
maka hasil cetakanakan buruk / tidak bagus.
Bagus artikelnya.. padat dan berisi, semoga selau sehat, rejekinya tambah banyak dan sehat selalu.. salam sukses buat teman-teman semua..amiin
ReplyDeleterent office space jakarta